RAMLI SELAMAT NATAL HARAHAP

Saya lahir di sebuah dusun Parurean Desa Padangparsadaan (d/h. Desa Silantom), Kecamatan Pangaribuan, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia, pada 25 Desember 1972 dari pasangan Ayahanda Huria Haraha gelar Baginda Raja (Alm.) dengan Bataur Br.Pakpahan yang tingga di Parurean.

Sebagai anak petani yang harus berjuang dalam pendidikan yang lebih baik, maka sejak tamat dari Sekola Dasar Negeri Padangparsadaan 1986, saya langsung melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Gunungtua bersama keluarga Lae St.Kesman Silitonga (+)/Rosmawati Harahap (Op.Kesti). Di Gunungtua ini juga saya melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Gunungtua.

Semula rencanaku ingin melanjutkan studi ke USU Medan bidang Teknik Sipil. Namun rencana ini berubah karena Pdt.Dr.Ginda Pandapotan Harahap,MST meminta saya untuk melanjutkan estafet kerohanian dari Ompung (kakek) kami melayani di ladang Tuhan. Rencanaku pun berubah. Aku mau menerima tawaran ini dan melanjutkan studi ke Sekolah Tinggi Teologi (STT) HKBP Pematangsiantar pada Juli 1992. Lima tahun dibina di lembaga teologi ini dan tamat pada September 1997.

Usai menamatkan studi ini, saya melamar ke Kantor Pusat GKPA. Dan pada 1 November 1997 saya diterima menjadi “VICAR GKPA”. Setelah menima orientasi satu bulan di Kantor Pusat GKPA, maka pada 1 Desember 1997 saya ditugaskan prkatek ke GKPA Resort Sipirok. Pelayanan ini saya kerjakan selama 4 bulan. Karena sejak 1 April 1998, saya dipindah praktek ke GKPA Teuku Umar Resort Khusus PSP Timur (d/h. GKPA Resort PSP Timur). Saya praktek di jemaat ini selama 6 bulan. Kemudian dipindahkan praktek ke GKPA Bandung sejak 1 Oktober 1998. Dari GKPA Bandung ini saya menerima tahbisan “Pendeta GKPA” di GKPA Depok Resort Jakarta I pada Minggu, 10 Oktober 1999 dengan rekan Pdt.Irwan Martin Hasudungan Siregar,M.Min yang praktek di GKPA Surabaya saat itu. Usia ditahbiskan di GKPA Depok, saya kembali ke jemaat GKPA Bandung untuk menunggu penempatan selanjutnya. Di GKPA Bandung ini saya melayani selama 15 bulan. Karena pada 1 Pebruari 2000, saya mendapatkan tugas baru sebagai Pendeta Resort di GKPA Resort Padangsidimpuan Barat menggantikan Pdt.Ruminta Pohan,STh yang dimutasikan ke GKPA Resort Mandailing.

Penempatan saya sebagai “Pendeta Resort”  di GKPA Padangsidimpuan Barat merupakan pengalam pertama sebagai pendeta Resort di GKPA. Saya senang melayani di Resort ini. Namun pelayanan ini segera diakhiri karena saya dimutasikan lagi ke GKPA Resort Pangkalan Berandan sejak 1 September 2001 menggantikan Pdt.Adolv Bastian Marpaung,STh yang akan studi lanjutan S2 Program M.Min ke STT Jakarta. Di Resort ini saya melayani selama 1,5 tahun.

Penempatan saya sebagai “Pendeta Resort” di GKPA Pangkalan Berandan merupakan pengalam kedua sebagai pendeta resort di GKPA. Pelayanan di Resort ini saya jalani secara penuh (5 tahun). Dan di tempat ini saya merasakan pengalaman pelayanan yang sungguh luar biasa. Dari Resort ini saya diberi kesempatan oleh Pucuk Pimpinan GKPA untuk melanjutkan studi ke STT Jakarta untuk program S2 (M.Th.).

Studi lanjutan S2 di STT Jakarta saya mulai sejak 1 Agustus 2006 dengan penuh perjuangan yang luar biasa juga. Selama 2,5 tahun studi ini saya geluti dengan berbagai rintangan dan tantangan baik dalam studi dan hidup. Selama studi ini banyak suka dan duka. Hidup di Metropolitan sangat banyak menyita tenaga dan pikiran dan segalanya.

Perjuangan ini akhirnya saya selesaikan pada 6 Juni 2009. Dan setelah studi ini saya ditugaskan Pucuk Pimpinan GKPA di Kantor Pusat GKPA sejak 1 Juli 2009 sebagai staff Biro I GKPA bidang hubungan oikumene. Sejak 1 Agustus 2009, saya dipercayakan Pucuk Pimpinan GKPA melayani sebagai Kepala Biro I GKPA menggantikan Pdt.Benni Maklianto Siregar yang dimutasikan ke GKPA Depok Resort Jakarta I.

Hingga saat ini saya masih melayani di Kantor Pusat GKPA.

Kiranya pelayanan ini bermanfaat bagi semua orang dan kemuliaan bagi Bapa Surgawi.

Horas

RAMLI SN HARAHAP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: